Wednesday, September 17, 2008

Knowledge Management

Knowledge management

Semester ini saya dapat mata kuliah Sistem Informasi Manajemen - ( ISS310805E )
yang diberikan oleh Bapak Dachyar (mdachyar@yahoo.com) dan di bagian awal kuliah ini kami ngebahas ttg Knowledge Management.

Sebenernya apa sih knowledge management?


kalau suatu perusahaan memiliki sumber daya manusia yg handal di tempatnya..
misalnya si tono di pabrik O adalah orang terpercaya, dia tau details ttg perusahaan itu, apa yg terjadi dan rencana baik apa yg akan dilakukan perusahaan itu kedepan, dan hanya si tono saja yg seperti itu..

suatu saat si tono mendapat tawaran yg menarik untuk bekerja di perusahaan Y (competitor perusahaan O) dan akhirnya dia memutuskan untuk pindah kesana. Alhasil perusahaan O kelimpungan karena semua informasi yg tau cm si tono dan good planning ke depan yg tahu details jg hanya tono.

Disini knowledge tono sangat berharga buat perusahaan, sekarang bagaimana cara perusahaan untuk memanfaatkan dan mengatur agar kejadian spt tono tdk berulang, disinlah peranan knowledge management..


Knowledge Management merupakan suatu paradigma pengelolaan informasi yang berasal dari pemikiran bahwa pengetahuan yang murni sebenarnya tertanam dalam benak dan pikiran setiap manusia. Maka dari itu perlu dibangun suatu mekanisme penyebaran informasi dan pengalaman dari sumber daya manuisa yang ada agar terjadi peningkatan pengetahuan dari masing-masing pelaku kegiatan di dalam suatu organisasi.


2 comments:

SyMaxvolution said...

Berjuanglah teman, sampai titik darah pengahabisan hehehe..
Malem-malem masih ngutak ngutik blog, ly?
Semoga kita bisa mengaplikasikan KM, share the knowledge..

Christine Sembiring Blogspot said...

Hai...hai...
lely akhirnya tugas kuliah selesai juga tapi perjuangan belum selesai jangan patah semnagat.